Petemuan-1 * Konsep Dasar & Heuristic Search *  

Diposting oleh herma0238.blogspot.com

“Konsep Dasar Sistem Pakar"

mencakup beberapa persoalan mendasar, antara lain siapa yang disebut pakar, apa yang dimaksud dengan keahlian, bagaimana keahlian dapat ditransfer, dan bagaimana sistem bekerja.

definisi

Sistem pakar adalah suatu program komputer yang dirancang untuk mengambil keputusan seperti keputusan yang diambil oleh seorang atau beberapa orang pakar. Menurut Marimin (1992), sistem pakar adalah sistem perangkat lunak komputer yang menggunakan ilmu, fakta, dan teknik berpikir dalam pengambilan keputusan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang biasanya hanya dapat diselesaikan oleh tenaga ahli dalam bidang yang bersangkutan.

TEKNIK PENCARIAN HEURISTIK
(HEURISTIC SEARCHING)

Heuristik adalah sebuah teknik yang mengembangkan efisiensi dalam proses pencarian, namum dengan kemungkinan mengorbankan kelengkapan (completeness).

Untuk dapat menerapkan heuristik tersebut dengan baik dalam suatu domain tertentu, diperlukan suatu Fungsi Heuristik.Fungsi heuristik ini digunakan untuk mengevaluasi keadaan-keadaan problema individual dan menentukan seberapa jauh hal tersebut dapat digunakan untuk mendapatkan solusi yang diinginkan.

Jenis-jenis Heuristic Searching:
♦ Generate and Test.
♦ Hill Climbing.
♦ Best First Search.
♦ Alpha Beta Prunning.
♦ Means-End-Anlysis.
♦ Constraint Satisfaction

penjaelasan masing- masing jenis Heueistic Searching Adalah sbb:

Generate and Test atau (pembangkit dan pengujian) adalah penggabungan antara depth first search dengan pelacakan mundur (backtracking). Nilai pengujian berupa jawaban (ya atau tidak). jika pembangkit possible solution dikerjakan secara sistematis, maka prosedur akan mencari solusinya jika ada.

Hill Climbing adalah(mendaki bukit) merupakan salah satu variasi metode buat dan uji (generate and
test) dimana umpan balik yang berasal dari prosedur uji digunakan untuk memutuskan arah gerak dalam ruang pencarian (search). Dalam prosedur buat dan uji yang murni, respon fungsi uji hanyalah ya atau tidak. Dalam prosedur Hill Climbing, fungsi uji dikombinasikan dengan fungsi heuristik yang menyediakan pengukuran kedekatan suatu keadaan yang diberikan dengan tujuan (goal).

Prosedur Hill Climbing :
1. Buatlah solusi usulan pertama dengan cara yang sama seperti yang dilakukan dalam prosedur buat dan uji (generate and test). Periksalah apakah solusi usulan itu merupakan sebuah solusi. Jika ya, berhentilah. Jika tidak, kita lanjutkan ke langkah berikutnya.

2.Dari solusi ini, terapkan sejumlah aturan yang dapat diterapkan untuk membuat sekumpulan
solusi usulan yang baru.
3.Untuk setiap elemen kumpulan solusi tersebut,
lakukanlah hal-hal berikut ini :
1.Kirimkanlah elemen ini ke fungsi uji. Jika elemen ini merupakan sebuah solusi, berhentilah.
2.Jika tidak, periksalah apakah elemen ini merupakan yang terdekat dengan solusi yang telah diuji.
4.Ambilah elemen terbaik yang ditemukan di atas dan pakailah sebagai solusi usulan berikutnya. Langkah ini bersesuaian dengan langkah dalamruang problema dengan arah yang muncul sebagai yang tercepat dalam mencapai tujuan.

BEST FIRST SEARCH

Pencarian terbaik pertama (Best First Search) merupakan suatu cara yang menggabungkan keuntungan atau kelebihan dari pencarian Breadth-First Search dan Depth-First Search.

Pada setiap langkah proses pencarian terbaik pertama, kita memilih node-node dengan menerapkan fungsi heuristik yang memadai pada setiap node/simpul yang kita pilih dengan menggunakan aturan-aturan tertentu untuk
menghasilkan penggantinya.

• Fungsi Heuristik yang digunakan merupakan prakiraan (estimasi) cost dari initial state ke goal
state, yang dinyatakan dengan :
f’ = g + h’
dimana f’ = prakiraan cost dari initial ke goal
g = cost dari initial state ke current state
h’ = prakiraan cost dari current state ke goal state



This entry was posted on 21.36 . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

0 komentar