PROPOSAL  

Diposting oleh herma0238.blogspot.com


BAB I

PENDAHULUAN

1.1 LatarBelakangMasalah

Kebutuhan menu makanan yang memenuhi standart kesehatan sangatlah penting untuk menjaga kesehatan oleh setiap manusia. Manusia memiliki standart cakupan gizi yang berbeda satu dengan yang lainnya. Seringkali kita melihat orang yang menurunkan berat badannya dengan program diet yang dengan tanpa memperhatikan menu makan ataupun pola makan yang dilakukannya. Ada pula orang lain yang melakukan program diet yang sama berhasil menurunkan berat badan tetapi ada juga yang tidak turun. Hal ini dikaenakan setiap orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda terlebih kepada golongan darah.

Sistem kekebalan tubuh manusia yang kadang tidak sama tersebut dapat mempengaruhi daya tahan tubuh karena disebabkan oleh beberapa faktor antara lain bisa disebabkan karena kurang tidur, banyak aktifitas tanpa menjaga pola makannya,stress dan beberapa golongan medis lainnya. Akan tetapi jika kekebalan tubuh tersebut sudah melebihi maka tubuh tidak lagi dapat menampung beban berat dalam hal ini adalah alergen(masuknya benda asing dalam tubuh manusia). Hal ini yang sering memicu terjadinya alergi.

Salah satu cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia adalah dengan melakukan menjaga pola makan yang sehat sesuai dengan golongan darah. Untuk makanan sehat terdiri dari berbagai macam zat yaitu karbohidrat,zat besi dan protein. Zat- zat tersebut dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun metabolisme dan membangun sel- sel yang rusak dalam tubuh. Selain zat gizi tubuh juga memerlukan mineral dan vitamin untuk mengatur cairan tubuh (elektrolit),pertumbuhan tulang,membantu metabolisme dan membentuk hormon atau enzim.

Berdasarkan permasalahan tersebut diperlukannya suatu sistem yang membantu memberikan penilaian terhadap bahan makanan sehat yang sistem penilaiannya tersebut dilakukan dengan menggunakan metode FUZZY yang menghasilkan suatu kesimpulan dari sepeangkat data yang diketahui.

1.2 PERUMUSAN MASALAH

Berdasarkan permasalahan diatas maka dapat dirumuskan suatu permasalahan bagaimana membuat sistem pakar untuk mencegah dan mengobati alergi makanan dengan aturan diet sehat berdasarkan golongan darah pada orang dewasa.

1.3 BATASAN MASALAH

1) Data gejala alergi yang digunakan dalam sistem ini adalah data dari pasien dan parameter-parameter yang digunakan berdasarkan kondisi pasien sebenarnya

2) Data makanan yang digunakan dalam sistem ini merupakan data makanan diet sehat berdasarkan golongan darah untuk mengurangi alergi yang terdapat pada buku berjudul “Diet Sehat Golongan Darah untuk mencegah dan mengobati alergi”

3) Sistem dibuat untuk dapat menyelesaikan permasalahan dengan menggunakan metode penelususran “Fuzzy”

4) Jenis alergi yang dibahas pd sistem ini adalah:

a. Peradangan

b. Bersin-bersin

c. Gangguan Pernafasan

d. Mendengkur

e. Gangguan Pencernaan

5) Output yang dihasilkan tidak membahas mengenai obat kimia dalam hal peyembuhan tetapi membhas mengenai hasil informasi yang didapat melalui menu makanan sehat pada sesorang yang terkena atau tidak terkena alergi.

1.4 TUJUAN

Adapun tujuan dalam membuat sistem pakar ini adalah :

1) Untuk memberikan informasi bagaimana cara mencegah terjadinya alergi dan bagaimana cara mengobati berdasarkan golongan darah dengan diet sehat.

2) Untuk mengetahui makanan apa yang dianjurkan untuk di konsumsi berdasarkan golongan darah.

3) Dapat mengidentifikasi kan alergi apa yang ditimbulkan berdasarkan golongan darah.




This entry was posted on 09.09 and is filed under . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

0 komentar